ardian's Blog

August 12, 2011

pembentukan karakter bangsa

Filed under: Uncategorized — Ardian Sumarwan @ 6:23 pm

pembentukan karakter bangsa

dewasa ini sistem pendidikan di indonesia menitik beratkan pada pembentukan karakter bangsa, tapi pada pelaksanaannya hal ini sangat sulit sekali di raih, mengapa?? karena masih banyaknya hal-hal yang justru penting, belum bisa pemerintah kendalikan.
pada sisi ini memang diperlukan berbagai macam pihak yang bertanggung jawab, dalam hal ini saya ingin menegaskan, bahwa guru, keluarga, aparat/pemerintah yang harus berperan aktif.
contohnya banyak sekali, mungkin saya pun tidak akan sekaligus mengulas karena ini harus teliti dan benar-benar tepat sasaran.
guru…dalam hal ini peranan guru di sekolah sangat penting, dimana guru harus bisa menerapkan sekaligus nenberikan contoh terhadap peserta didik bagaimana bersikap sportif,jujur,amanah dan profesional. dalam pengalaman saya sebagai pendidik, masih banyak sikap dari seorang guru yang belum bahkan tidak mendidik, baik itu mental maupun akademiknya. satu sisi tentang akademik, kadang guru tidak tahu sasaran apa yang harus didapat oleh siswa, itu bukan hanya kesalahan dari guru, tapi penentu arah pendidikan dalam hal ini pemerintah, tidak tahu bagaimana sasaran yang tepat agar peserta didik mendapatkan bekal yang cukup mengenai akademiknya. di satu sisi pemerintah menerapkan standar dasar tapi di sisi lain seolah tidak faham atau tidak tahu langkah perlangkah yang harus di persiapkan untuk ke arah sana. seperti, contoh: pelaksanaan UAN, kenapa pemerintah harus memaksakan nilai seorang siswa jikalau dia ingin meneruskan ke jenjang selanjutnya. kalau memang pendidikan di wajibkan 9 tahun, seharusnya program tersebut memang sudah dipersiapkan sedari siswa berada di tingkat terendah(SD), dengan begitu, saat siswa berada di tingkat SMP, pendidikannya hanya tinggal meneruskan saja. jadi menurut saya, pendidikan dan pembentukan karakter itu harus dimulai sejak dini, sudah tentu dengan melakukan persiapan dan penanganan yang baik (nanti kita bahas kembali).

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: